Mengatasi Penyakit Potong Leher pada Tanaman Padi

tanaman padi yang terkena potong leher : menunduk sih menunduk, tapi hampa

Istilah potong leher bukan hanya nge-trend di dunia politik saja. Misalnya ada politisi lebay yang menyatakan siap potong leher bila majikannya sampai kalah di Madura, misalnya. Atau politisi lebay lainnya yang juga menyatakan siap potong leher apabila anak majikannya terbukti korupsi. [Intermeso J]

Istilah potong leher juga sering dibicarakan di dunia pertanian. Bahkan akhir-akhir ini cenderung semakin menjadi momok yang meresahkan petani.

Penyakit potong leher yang juga disebut sebagai teklik atau patah leher ini sebenarnya memiliki sebab yang sama dengan penyakit blast. Jamur penyebabnya sama, atau dari keluarga yang sama.

menunduk bukan karena berisi, tapi karena pangkal malainya terkena blast

Bedanya, serangan jamurnya ini menyasar ke pangkal malai. Sehingga membuat sendi yang menjadi pangkal malai tersebut membusuk.

Sendi yang membusuk, tak sanggup menopang beban berat malai. Sehingga akhirnya malai pun terkulai dan akhirnya patah (terlipat) tepat di sendi yang busuk itu. Dari sini petani kemudian menyebutnya sebagai penyakit potong leher.

Malai yang sudah terlipat di pangkalnya tersebut, sudah tak mungkin bisa diharapkan lagi untuk dapat terisi bulir padinya. Bulir padi akan hampa.

Nah karena penyebabnya sama, maka daripada kita berpanjang cerita lagi disini, solusinya Anda baca saja di artikel yang berjudul Mengatasi Penyakit Blast pada Tanaman Padi yang terdapat di link ini. [YWA]

Info Produk

RedShield Hayati Padi